Jeepny

Writen by Nanda Wirabaskara

Jeepny. Kalau orang Jawa bilang jeep-jeepan. Sebuah kendaraan berbentuk jeep dengan badan belakang yang memanjang adalah kendaraan umum yang ada di Philippine. Dengan pintu tak berdaun di belakang untuk naik dan turun penumpang kendaraan ini seperti mempunyai nafas perlawanan terhadap pabrikasi global outomotif dunia. Panjang badan jeepny yang tidak seragam sepertinya tergantung selera bengkel yang membuatnya.

Ide modifikasi jeep menjadi kendaraan umum ini muncul setelah Perang Dunia II, di mana banyak jeep-jeep perang Amerika yang sudah tidak lagi dipakai. Untuk memenuhi kebutuhan alat transportasi umum, dimodifikasilah jeep-jeep tersebut sehingga mempunyai daya angkut lebih banyak penumpang. Jadilah Jeepny.

Varian dari jeepny ini bisa dijumpai di jalur Malaybalay City-Valencia City di Pulau Mindanao. Bedanya varian ini berkepala seperti kepala colt diesel. Ini artinya jeep bukan menjadi satu-satunya ‘bahan dasar’ angkutan model begini. Mobil jenis lain pun akan dimodifikasi dengan cara yang sama utnuk menjawab kebutuhan transportasi umum di Fillippine.

Salah satu ciri khas jeepny adalah aksesoris dan warna bodi yg berwarna-warni penuh gambar. Banyak diantaranya bergambar dengan motif Yesus dan tanda salib. Beberapa jeepny disertai dengan tape dengan kekuatan yang cukup besar sehingga bisa memutar musik seperti discotique berjalan. Musik memang menjadi kemewahan di Philippine pada umumnya, sehingga jarang orang memutar musik tanpa mbrebegi tetangga dan orang sekitarnya.

Ongkos untuk sekali naik jeepny ini minimal 7 pisos untuk jarak terdekat. Karena sering kali sopir jeepny bekerja sendirian, maka para penumpang akan membayar dengan cara estafet dari tempat duduknya sambil mengatakan tujuannya. Penumpang yang lebih dekat dengan sopir akan melantarkan ongkos yang diberikan oleh penumpang yang lebih jauh sambil juga (kadang-kadang) menyampaikan tujuannya pada pak sopir. Pemberian uang kembalian terjadi sebaliknya. Berbeda dengan di Indonesia, di sini menggunakan tangan kiri atau tangan kanan dianggap sama.

Advertisements

~ by roromendoet on February 5, 2010.

2 Responses to “Jeepny”

  1. Aku suka semuanya..
    sangat bagus…
    walau sedikit tidak mengerti tapi saya yang baca juga jadi tertarik…ekspresif banget…
    semoga saya dapat belajar dari Anda..

  2. ketertarikan adalah bakat. pelajaran pertama adalah menulis apa yg dilihat. seperti bercerita pada orang lain tapi gak boleh berbicara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: